Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Riau selaku PPID Utama, menggelar Seminar dan Workshop dengan Tema “Kesiapan Badan Publik Menghadapi Keterbukaan Informasi” bertempat di Aula Wan Seri Beni, Pulau Dompak, Rabu (20/7/2022) lalu. Seminar dan Worshop tersebut menghadirkan Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat, Dr. Ir. Donny Yoesgiantoro, M.M., M.P.A,  komisiomer KI Pusat Syawaludin, M.H,  komisioner KI Provinsi Kepri, Jazuli, S.T., M.M, serta Tenaga Ahli KI Pusat, Aditya Nuriya Sholikhah.

Acara dibuka Sekretaris Daerah  provinsi Kepri, Adi Prihantara mewakili Gubernur Kepri. Dalam sambutannya Sekda Adi berharap ASN di lingkungan Pemprov Kepri bisa mengelola informasi dengan baik serta memberikan pelayanan yang optimal pada masyarakat. Dengan pelayanan y?ang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan teratur. “saya mengharapkan dengan kehadiran narasumber dapat memberi manfaat untuk seluruh PPID Utama maupun PPID Pelaksana serta kedepannnya akan membawa dampak perubahan untuk menerima dan memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan informasi." ungkap Sekda adi.

Sementara, komisioner KI Pusat Syawaludin, M. H., mengatakan, “Setiap orang tanpa pengecualian termasuk Disabilitas tetap memiliki hak untuk mendapatkan informasi publik yang dikelola oleh badan negara”. Digitalisasi dan teknologi yang setiap hari berkembang pesat dengan dibuktikan perkembangan pengguna media social yang sangat pesat, jika badan publik tidak bisa menyesuaikan perkembangan tersebut maka bisa tertinggal. Informasi public yang dikecualikan terdapat dalam Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 pada Pasal 17, dengan 3 kunci yang menyangkut tentang rahasia negara, rahasia probadi serta rahasia bisnis.

Untuk workshop diberikan secara teknis oleh Tenaga Ahli (TA) Komisi Informasi Pusat Aditya Nuriya Sholikhah, S.H., M.H. Materi langsung dilakukan secara prakter yang dimulai dengan kasus-kasus untuk menyusun DIP (Daftar Publik) dan Daftar Informasi yang dikecualikan. Ada 43 administrasi PPID Pembantu yang berada di semua OPD di Pemprov Kepri, ditambah dengan  PPID seluruh Kabupaten/ kota..**